INFP Depresi

INFP Depresi – Penjelasan berkenaan INFP dalam kaitannya bersama stres dan depresi. Berawal dari apa benar INPF ringan stres dan depresi hingga jalan penanganan bagaimana seyogyanya orang berkepribadian INFP menahan dan menangani depresi dan stres.

Apakah Benar INFP Mudah Membuat Stres dan Depresi?

Pada umumnya orang bersama jenis kepribadian apa pun tentu bisa dan pernah mengalamai stres. Tetapi jenis kepribadian INFP yang penggunaan bersama “Introverted Feeling” (Fi) yang dominan lebih mungkin INFP mengalami stres dibandingkan bersama jenis kepribadian yang lain. Hal in tergantung dari situasi yang dirasakan INFP. Bila seorang INFP berada dalam kondisi dan lingkungan yang membuatnya nyaman dan senang, INFP bakal menjadi INFP yang Bahagia. Selain itu situasi menjadi sehat secara fisik dan mental, bisa mengembangkan berlebihan secara maksimal dan sukses. Fi (introverted Feeling) adalah manfaat kognitif yang berfaedah sebagai pengambilan ketetapan dan penilaian. Pengguna Fi bakal sering memperhitungkan dan menilai segala suatu hal berdasarkan nilai-nilai teristimewa yang dianutnya. Feeling=Nilai-nilai; Introverted=Pribadi Karakteristik


Fi (Introverted Feeling) :

  • ntrospektif, mengembalikan seutuhnya kepada dirinya sendiri
  • Mengambil ketetapan mengacu pada apa yang dirasa nyaman
  • Mempunyai Sensitifitas yang tinggi pada perlakuan yang kurang menghargai
  • Dari luar terlihat dingin namun di dalam membawa perasaan yang lembut
  • Perhatian secara tersembunyi

Sesuai bersama perasaannya yang mendalam namun tersembunyi yang dimiliki oleh INFP, mereka cepat terganggu bersama suatu hal perihal yang kurang tepat bersama prinsipnya. Pada pas yang bersamaan, mereka condong tertutup dan sukar mengungkapkan perasaannya pada orang lain, jikalau pada orang yang telah terlampau dipercayanya. Perasaan yang peka dan sifat tertutup ini yang menjadikan INFP condong lebih cepat stres dibanding jenis kepribadian yang lainnya.

Baca Juga  Tau kah Anda: Konsultasi Psikologi Gunungsitoli?

Apa yang Membuat INFP Stres dan Depresi?

Terdapat beberapa perihal paling umum yang bisa membuat INFP stres, yaitu:

1. Masalah percintaan

INFP mencintai bersama sepenuh hati. Kegagalan dalam percintaan membuat mereka merasakan sakit yang dalam perihal ini mungkin berlangsung memadai lama.

2. Masalah pekerjaan

Rasa nyaman dalam bekerja merupakan sesuatu yang didahulukan oleh INFP. Pekerjaan bersama gaji tinggi namun bersama jenis atau situasi kerja yang menghimpit terlampau jarang menjadi pilihannya. Pada pas tidak beroleh pekerjaan yang cocok yang membuatnya nyaman, mereka bakal dilematis dan tidak berarti. Hal ini termasuk membuat kekhawatiran tersendiri bagi INFP berkenaan jaman depannya.

3. Masalah bersama lingkungan sekitar

Masalah ini bisa timbul dari kawan ataupun keluarga. INFP merupakan teristimewa yang baik dan berpegang teguh pada prinsip dalam berinteraksi orang disekitar. Mereka nyaris tidak pernah mengejek atau menyakiti orang lain.

Tetapi tidak semua INFP diselimuti oleh orang-orang baik layaknya dirinya. Disaat berjumpa bersama orang yang bahagia ceplas-ceplos atau menghina fisik apalagi penampilannya bisa menjadikan INFP marah dan frustasi.

Hal ini karena INFP adalah orang yang tidak bahagia jalankan perihal negatif pada orang lain dan meminta tidak diperlakukan negatif.


Bagaimana INFP pas Stres atau Depresi?

Terdapat beberapa ciri dan formalitas INFP pas sedang mengalami stres atau depresi, yaitu:

  • Memerlukan pas merenung menyendiri yang lebih lama dari biasanya
  • Dalam tingkat stres berat atau depresi, INFP bakal menangis sejadi-jadinya namun terlampau berhati-hati supaya orang lain tidak mengetahuinya
  • Perasaan yang mengasihani, menyalahkan diri sendiri, menjadi tidak punya berlebihan apa-apa, menjadi nasibnya tidak seberuntung orang lain
  • Membutuhkan seseorang yang dapat mendengarkan dan berikan dukungan moril tetapi terlampau selektif mencari seseorang yang bisa dipercayanya untuk diajak sharing.
  • Perlu pas dan stimulus stimulus yang kuat dari luar untuk bisa bangkit kembali
  • Menjadikan keras kepala dan tidak pas bersama jenis nasihat yang sifatnya memaksa dan menghakimi
Baca Juga  konsultasi psikologi percintaan

Apa yang Sebaiknya Harus Dilakukan oleh INFP untuk Mengatasi dan Mencegah Stres dan Depresi?

Ada beberapa perihal yang terlampau baik jikalau dilakukan oleh seorang INFP dalam menahan atau menangani stres atau depresi. Cara seperti ini dapat mengurangi tingkat dan frekuensi stres yang diderita oleh orang INFP dan membuat INFP lebih baik dalam hadapi problematikanya :

  • Membuat daftar/list semua kelebihan-kelebihan yang mereka punya tanpa terkecuali. Kelebihan ini dari segi sifat, berlebihan dari segi keterampilan, dan sebagainya. Hal ini bakal membuat cepat jelas dan menghargai potensi dirinya dan tidak menyalahkan diri sendiri kembali secara berlebihan. Selalu rutin membaca list selanjutnya supaya tertanam di otak.
  • Cari quotes atau kalimat stimulus yang paling menyentuh perasaan.
  • Cari dan bergau bersama kawan yang beranggap positif dan bisa beri tambahan nasihat yang bijaksana. Di pas stres, ceritakan masalahmu, dan mintalah nasihat padanya.
  • Mempunyai daftar/list musik yang membangkitkan mood. Selalu update bersama musik baru yang disukai. Dengarkan musik selanjutnya pas kurang mood.
  • INFP umumnya bahagia pada hewan dan alam. Jangan malu untuk bermain bersama hewan atau jalankan perjalanan di alam untuk menenangkan perasaan.
  • Selalu memanjakan diri sendiri. Hal ini bisa dilakukan bersama langkah perawatan kulit, minum kopi, makan cokelat atau perihal lain yang anda terlampau sukai, selama perihal itu aman dilakukan dan tidak merugikan.
  • Menggunakan pas untuk perihal yang produktif jikalau fokus mengasah berlebihan diri. Setelah itu gunakan berlebihan itu untuk berkarir. Memiliki karir atau pekerjaan yang cocok bersama perasaan bakal membuat anda lebih bahagia tiap tiap saat.
  • INFP merupakan teristimewa yang kreatif, cerdas dan idealis. Kelebihan yang tidak semua orang punya. Sadari bahwa anda sangatlah istimewa, hanya terlampau kurang yakin diri dalam melihatnya.
  • Kamu memang seorang yang punya Feeling yang kuat namun bukan berarti mengesampingkan logika. Tetaplah membangun logika untuk bisa menerima kenyataan bersama objektif. Hidup ini berdinamika, tidak senantiasa sejalan bersama keinginan, namun senantiasa ada solusi untuk menjalaninya.
  • Berkonsultasi bersama Psikolog di Biro Psikologi atau Lembaga Psikologi.
Baca Juga  Tau kah Anda: Konsultasi Psikologi Sabang?

About the author

Berawal dari seringnya berselancar di internet, menjadikan hobi untuk menjadi seorang desain web dan digital marketing di dunia maya. Terkadang hobi muncul disaat keisengan yang terlalu sering dilakukan.