Mengapa Surat Rekomendasi Psikolog perlu untuk masuk SD?

Surat Rekomendasi Psikolog adalah surat yang dikeluarkan oleh psikolog yang menjelaskan bahwa siswa/calon peserta didik sudah layak untuk masuk ke sekolah jenjang lebih lanjut walaupun belum memenuhi persyaratan umur.

Belum lama ini banyak orang tua yang memiliki anak yang telah lulus dari TK( Taman Anak- anak) mau mendaftarkan ke SD( Sekolah Dasar). Perihal ini pasti para orang tua disibukkan dengan mencari surat rekomendasi dari Psikolog, kenapa? Iya…karena mayoritas dari mereka umurnya belum penuhi ketentuan syarat umur anak masuk Sekolah Dasar.

Pemerintah mengendalikan tentang umur anak masuk SD pada Permendikbud No 14 Tahun 2018 yang berbunyi kalau:“ Persyaratan buat calon siswa kelas 1 SD berumur 7 tahun ataupun sangat rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tiap tahunnya”. Perihal ini berarti umur anak masuk SD sangat rendah 6 tahun sebagaimana tersebut, ialah sangat rendah 5 tahun 6 bulan per bertepatan pada 1 Juli masing- masing tahunnya. Peraturan pemerintah ini menerangkan kalau calon siswa yang memiliki kemampuan kecerdasan spesial serta siap secara psikis pula sudah dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog. Perihal inilah yang menjadikan para orang tua padat jadwal mencari surat rekomendasi dari psikolog supaya anaknya yang umurnya belum penuhi persyaratan senantiasa dapat masuk di Sekolah Dasar.

Yang jadi atensi spesial merupakan apakah benar anak yang diartikan telah siap secara umur kronologis ataupun apakah secara kognitif serta psikologi kanak- kanak mereka telah sanggup merambah fase baru di Sekolah Dasar? Yang tidak di idamkan merupakan bila malah sesungguhnya itu ialah kemauan dari para orang tua sebab merasa anaknya sudah sanggup bagi versinya serta apalagi bagaikan ajang gengsi saja.

Pertumbuhan kognitif belum Matang

Apabila kita memandang dari tahapan pertumbuhan seseorang anak umur 6 tahun ke dasar ialah buat masuk ke sesi pembelajaran Sekolah Dasar secara kognitif, moral, raga, emosi masih belum siap/ matang. Dilihat secara kognitif, anak umur 5- 6 tahun masih terletak pada fase belajar berpikir dengan simbol namun pemikiran kanak- kanak umur tersebut belum sistematis. Apalagi secara emosional, kanak- kanak tersebut masih kerap menimbulkan ledakan emosi misalnya amarah, malu, khawatir, pula mudah bosan.

Baca Juga  Tau kah Anda: Konsultasi Psikologi Tanjungbalai?

Surat Rekomendasi psikolog

Perihal inilah kenapa surat rekomendasi dari psikolog sangat diperlukan. Surat Rekomendasi tersebut menggali apakah anak tersebut sanggup secara umur mental sehingga bisa masuk ke Sekolah Dasar meski umurnya masih 6 tahun. Hendaknya para orang tua pula lebih mencermati serta memikirkan dari seluruh aspek spesialnya aspek kemandirian serta kematangan sosial pula aspek psikologis anak. Dalam perihal ini orang tua butuh mencermati dampak jangka panjang sebab ada sebagian mungkin.

Perihal yang bisa jadi pertimbangan orang tua bila umur anaknya 6 tahun kurang telah masuk ke bangku Sekolah dasar. Pertimbangannya adalah bisa jadi secara kognitif anak bisa menjajaki tetapi apakah mental anak tersebut bisa mengikut aktivitas sekolah. Perihal yang dikhawatirkan merupakan ia merasa tertekan, jadi jenuh ditengah jalur sebab menjajaki padatnya agenda pelajaran dari sekolah.

Tidak menyalahkan orang tua apabila menyekolahkan anak di tempat yang terbaik. Orang tua pula tidak salah menyekolahkan anak secepat bisa jadi. Namun yang butuh dipertimbangkan merupakan dari segi sesi pertumbuhan serta psikologis anak buat jangka panjangnya. Kedudukan orang tua disini sangat memastikan semacam apa nanti anak kita. Disinilah kedudukan orang tua sangat memastikan dalam mendidik serta membentuk karakternya.

About the author

Berawal dari seringnya berselancar di internet, menjadikan hobi untuk menjadi seorang desain web dan digital marketing di dunia maya. Terkadang hobi muncul disaat keisengan yang terlalu sering dilakukan.